PERNYATAAN HUKUM DAN KEBIJAKAN PRIVASI

PERNYATAAN HUKUM

Selamat bergabung dalam layanan platform “SWAP”!
Kepercayaan Anda sangat berharga bagi kami. Informasi pribadi merupakan hal yang sangat penting, kami akan sebaik mungkin mengambil tindakan perlindungan keamanan yang sesuai seperti yang tertuang dalam undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Maka adapun definisi dalam “Pernyataan Hukum dan Kebijakan Privasi” ini (selanjutnya “kebijakan ini” atau “kebijakan privasi ini”) poin-poinnya sebagai berikut:

  1. Ketika menggunakan layanan yang disediakan oleh kami, Anda setuju bahwa kami mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, mengungkapkan dan melindungi informasi pribadi Anda sesuai dengan kebijakan privasi yang diterbitkan pada platform kami. Melalui kebijakan privasi ini, kami dengan jelas menginformasikan cara kami menangani informasi pribadi Anda. Kami menyarankan Anda membaca kebijakan privasi ini sepenuhnya untuk membantu melindungi privasi Anda secara lebih baik.
  2. Menurut persyaratan undang-undang dan peraturan yang relevan, jika produk dan layanan jaringan yang memiliki fungsi mengumpulkan informasi pengguna, penyedia harus menyatakan dan mendapatkan persetujuan dari pengguna. Melalui kebijakan privasi ini, kami memberitahukan Anda secara jelas mengenai tujuan, metode, query dan koreksi informasi, konsekuensi penolakan untuk memberikan informasi, serta ruang lingkup pengumpulan dan penggunaan informasi pribadi pengguna.
  3. Sebelum menggunakan produk atau layanan platform kami, harap membaca dan memahami kebijakan ini sepenuhnya. Gunakan produk atau layanan terkait setelah mengkonfirmasikan pengertian dan persetujuan penuh dari Anda. Jika Anda tidak setuju dengan konten apapun dari kebijakan privasi ini, silahkan segera berhenti menggunakan layanan platform kami. Ketika Anda menggunakan layanan apa pun yang disediakan oleh platform kami, hal ini berarti Anda telah menyetujui kami dalam mengumpulkan, menggunakan, dan melindungi informasi pribadi Anda secara hukum sesuai dengan kebijakan privasi ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, komentar atau saran tentang konten kebijakan ini, Anda dapat menghubungi kami melalui telepon layanan pelanggan. Hotline layanan pelanggan: 088808700800 , waktu layanan pukul 9 pagi sampai pukul 6 sore WIB, Senin hingga Jumat, kecuali hari libur.

Kebijakan Privasi

Bagian kebijakan privasi ini akan membantu Anda untuk memahami hal-hal berikut:

  1. Cara kami mengumpulkan informasi Anda
  2. Cara kami menggunakan informasi Anda
  3. Cara kami membagikan, mentransfer, dan mengungkapkan informasi Anda
  4. Cara kami menggunakan cookies dan teknologi serupa
  5. Cara cara kami menyimpan informasi Anda
  6. Cara kami melindungi informasi pribadi Anda
  7. Perlindungan anak di bawah umur
  8. Cara Anda mengelola informasi pribadi
  9. Cara informasi pribadi Anda ditransfer secara global
  10. Revisi dan pembaruan kebijakan privasi ini

Menyediakan layanan yang lebih baik dan lebih personal kepada pengguna adalah tujuan utama kami. Sehingga kami dapat memberi Anda layanan yang lebih efektif dan nyaman. Kebijakan privasi ini berlaku untuk semua layanan yang disediakan oleh platform kami, seperti saat Anda mengunjungi web platform kami atau masuk ke klien yang relevan untuk menggunakan layanan yang disediakan. Kebijakan privasi ini berlaku juga saat tidak adanya kebijakan privasi independen untuk web platform kami, server, atau masuk ke klien yang relevan.

Perlu ditekankan bahwa kebijakan privasi ini tidak berlaku untuk layanan yang diberikan kepada Anda oleh pihak ketiga lainnya. Misalnya, ketika pihak ketiga pada platform kami (yang berada di platform kami) menyediakan layanan kepada Anda seperti pembayaran pihak ketiga, maka informasi pribadi yang diberikan kepada pihak ketiga tersebut tidak berlaku untuk kebijakan privasi ini. Hal tersebut tidak berlaku jika terdapat undang-undang yang menetapkan dengan jelas, sehingga kami tidak bertanggung jawab atas penggunaan informasi yang diberikan ke pihak ketiga oleh Anda.

Kami sangat mematuhi undang-undang dan peraturan yang berlaku. Serta mengumpulkan, memproses, atau menggunakan informasi pribadi Anda dengan benar berdasarkan prinsip-prinsip keabsahan, kewajaran, kejujuran, kredibilitas, dan prinsip-prinsip hukum lainnya yang diperlukan.

  1. Cara Kami Mengumpulkan Informasi Anda
    Untuk membantu Anda menjadi anggota kami dan memberi layanan yang lebih baik dan lebih personalisasi, seperti dalam remote motor, top up kilometer, dan penggantian baterai, maka kami akan mengumpulkan informasi berikut sesuai dengan layanan yang Anda gunakan:
    1. Informasi yang Anda Berikan kepada Kami.
      1. Sebelum menggunakan layanan platform “SWAP”, Anda perlu membuat akun di platform “SWAP” dengan mengisi informasi pribadi. Anda perlu mengisi nomor ponsel, kode verifikasi, nama dan alamat email, dan membuat kata sandi. Jika Anda menolak untuk mengisi data tersebut, maka platform “SWAP” tidak akan dapat membuatkan akun dan menyediakan layanan untuk Anda.
      2. Ketika Anda menggunakan platform kami, Anda perlu mengisi dan menginformasikan data yang diperlukan sesuai dengan konten layanan. Data tersebut mungkin termasuk nama Anda, jenis kelamin, informasi identitas, nomor plat, nomor telepon, alamat email, alamat rumah, dan kontak darurat termasuk nama, alamat, dan nomor telepon (untuk melindungi keamanan pribadi dan properti Anda). Jika Anda tidak menggunakan layanan tertentu, Anda tidak perlu memberikan informasi yang relevan.
      3. Anda harus mendaftarkan nomor plat Anda melalui platform “SWAP” terlebih dahulu untuk dapat menggunakan pertukaran daya, mengecek informasi status motor listrik dan layanan data. Jika Anda menolak untuk mendaftarkan nomor plat, maka platform “SWAP” tidak akan dapat memberi Anda layanan tersebut.
    2. Informasi Anda yang Disimpan Ketika Menggunakan Layanan Platform Kami
      Menurut persyaratan hukum nasional yang relevan, kami akan mengumpulkan informasi konten (termasuk tetapi tidak terbatas pada komentar, isi dan lainnya) dan informasi perilaku (termasuk tetapi tidak terbatas pada catatan reservasi pertukaran daya, mengemudi motor listrik, top up ulang dan perilaku pengguna lain) yang diberikan oleh Anda saat menggunakan layanan kami. Misalnya, Ketika Anda memberikan informasi di platform kami, maka tim customer service kami akan menghubungi dan memberikan informasi yang relevan kepada Anda. Hal ini juga berlaku ketika Anda memberikan informasi dalam bentuk kuesioner (kuesioner anonim atau kuesioner pengguna terdaftar) atau bentuk yang lainnya.
    3. Informasi yang Dikumpulkan Selama Anda Menggunakan Layanan Ini
      Untuk menyediakan dan mengoptimalkan layanan, kami akan menerima dan mencatat informasi yang relevan dari browser, komputer, perangkat seluler, dan perangkat lain sesuai dengan izin yang Anda berikan, termasuk:
      1. Informasi perangkat (seperti model perangkat, versi sistem operasi, pengaturan perangkat, kode unik pengidentifikasian perangkat, dan informasi fitur perangkat lunak dan perangkat keras lainnya, dan lainnya.);
      2. Informasi lokasi (seperti yang diperoleh dari alamat IP, GPS, titik akses sinyal Bluetooth, WIFI, Internet of Things, Base Transceiver Station, dan lainnya.);
      3. Informasi rencana perjalanan: “SWAP” akan mencatat informasi keberangkatan, kedatangan, rute, durasi, dan jarak tempuh perjalanan dari perilaku pengguna melalui telepon genggam. “SWAP” mengumpulkan informasi di atas berdasarkan persyaratan hukum dan peraturan, untuk kebutuhan perlindungan keamanan pribadi dan properti Anda, dan kebutuhan untuk menangani permasalahan pengguna sesuai dengan aturan dalam platform. Informasi lokasi geografis adalah informasi pribadi yang sensitif, maka “SWAP” akan melakukan yang terbaik untuk melindungi keamanan informasi tersebut. Jika Anda menolak memberikan informasi ini, maka Anda tidak dapat menggunakan fungsi-fungsi di atas.
      4. Informasi Riwayat Data: Ketika Anda menggunakan produk atau layanan yang disediakan oleh web atau klien kami, maka kami otomatis akan mengumpulkan data penggunaan dari layanan kami secara rinci sebagai riwayat web yang tersimpan.
      5. Kami dapat mengaitkan informasi yang dikumpulkan dari berbagai perangkat Anda sehingga kami dapat memberikan layanan yang konsisten. Harap perhatikan bahwa informasi masing-masing perangkat, informasi riwayat, dan lainnya tidak dapat mengidentifikasi orang secara spesifik. Jika kami menggabungkan jenis informasi non-pribadi dengan informasi lain untuk mengidentifikasi orang tertentu atau menggunakannya dengan mengkombinasikan dengan informasi pribadi, maka selama penggunaan gabungan ini, jenis informasi non-pribadi ini akan diperlakukan sebagai informasi pribadi, kecuali oleh otorisasi Anda atau ditentukan lain oleh undang-undang dan peraturan, kami akan menganonimkan dan menghilangkan identitas informasi pribadi tersebut.
      6. Informasi pesanan: Untuk menampilkan informasi pesanan akun Anda (seperti pembelian biaya pertukaran daya, dan lainnya), kami akan mengumpulkan informasi pesanan dan catatan konsumsi yang digunakan selama penggunaan layanan agar Anda bisa melihat catatan pembelian dan kemajuan dalam manajemen transaksi.
      7. Informasi customer service: Ketika Anda menghubungi kami, data komunikasi (konten chat atau panggilan telepon, detail dan riwayat kontak) akan kami simpan agar dapat menghubungi dan membantu Anda dalam memecahkan masalah, atau merekam masalah terkait rencana dan hasil dari masalah tersebut.
      8. Informasi perekaman: Swap Station mungkin dilengkapi dengan peralatan seperti perekam video. Anda mungkin direkam selama proses pertukaran daya di Swap Station. “SWAP” menyimpan rekaman tersebut sebagaimana menurut persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku. Rekaman ini bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dengan pengguna atau insiden keamanan, juga untuk melindungi keamanan aset SWAP, serta memverifikasi fakta dan menangani keluhan.

      Selain informasi di atas, kami juga dapat mengumpulkan informasi lainnya tentang Anda (termasuk informasi ketika Anda berinteraksi dengan afiliasi dan mitra kami) untuk keperluan yang wajar dalam menyediakan dan meningkatkan kualitas layanan.

    4. Informasi dari pihak ketiga
      Afiliasi dan mitra kami dapat memberikan informasi pribadi Anda kepada kami dengan mengikuti hukum yang berlaku, dibawah premis peraturan atau perjanjian dengan Anda selaku pengguna. Hal ini bertujuan untuk memberikan Anda layanan yang lebih baik, dan lebih personal, serta menyediakan layanan yang bebas penipuan internet untuk Anda.
  2. Cara kami menggunakan informasi Anda
    Kami akan mengumpulkan dan menggunakan informasi pribadi Anda untuk tujuan berikut yang dijelaskan dalam kebijakan ini:
    1. Membantu Anda menjadi anggota kami atau menjadi pengguna yang dapat terlibat dalam kegiatan seperti menyewa baterai, memberikan komentar dan kegiatan interaktif lainnya.
    2. Penyediaan layanan: memberi Anda berbagai produk serta layanan yang bisa digunakan (seperti: biaya pertukaran listrik, penentuan posisi GPS motor listrik, dan lainnya), termasuk juga layanan desain, maintenance, dan peningkatan layanan-layanan tersebut.
    3. Kami ingin merekomendasikan produk dan layanan konten yang mungkin menarik bagi Anda (termasuk tetapi tidak terbatas pada pengiriman informasi produk dan layanan, informasi rekomendasi konten, informasi pemasaran, informasi kerja sama, atau promosi yang dipersonalisasikan melalui sistem promosi pihak ketiga) serta menampilkan berbagai informasi dari afiliasi dan mitra kami dengan persetujuan Anda, sehingga mereka dapat mengirimkan informasi tentang produk dan layanan mereka kepada Anda. Jika Anda tidak ingin menerima informasi di atas, Anda dapat berhenti berlangganan melalui fungsi berhenti berlangganan.
    4. Identifikasi risiko: Kami dapat menggunakan informasi pribadi Anda untuk mencegah, mendeteksi, menginvestigasi penipuan dan keamanan yang membahayakan, tindakan ilegal yang melanggar perjanjian, kebijakan dan aturan kami serta afiliasi kami. Contohnya seperti aktivitas akun anggota yang tidak wajar, login multi-terminal, pemakaian data tidak wajar, permintaan pengembalian dana yang tidak normal, transfer paket langganan yang murah, dan lainnya. Hal-hal tersebut dilakukan untuk melindungi hak Anda dan pengguna kami yang lain, atau kami selaku perusahaan serta afiliasinya.
    5. Layanan yang dipersonalisasi: Agar dapat memberikan Anda layanan yang lebih personal, Kami dapat menggabungkan informasi pribadi dari suatu layanan dengan layanan lainnya. Contohnya dengan menggunakan, membagikan, mengungkapkan informasi tersebut untuk memenuhi kebutuhan dalam skala sosial yang lebih luas.
    6. Survei dan kegiatan: Memungkinkan Anda berpartisipasi dalam survei tentang produk dan layanan kami, serta promosi dan undian.
    7. Penggunaan lain dengan izin Anda.
  3. Cara kami , mentransfer, dan mengungkapkan informasi Anda
    1. Berbagi dan mengungkapkan
      Kami memiliki kewajiban untuk menjaga kerahasiaan dan tidak akan membagikan informasi pribadi membagikan Anda kepada pihak ketiga lain, kecuali dalam kasus-kasus berikut:
      1. Membagikan dengan persetujuan, otorisasi atau pilihan Anda sendiri.
        Setelah memeroleh otorisasi atau persetujuan resmi Anda, kami akan membagikan informasi pribadi Anda ke perusahaan, organisasi, dan individu lain. Misalnya, jika kami memercayakan pihak ketiga untuk menyediakan Anda produk atau layanan (seperti aktivitas pengguna, pengiriman hadiah undian, hadiah penukaran poin), maka kami akan membagikan informasi di atas kepada pihak ketiga setelah mendapatkan persetujuan Anda. Jika Anda menolak untuk memberikan Informasi, maka kami tidak akan dapat menyelesaikan layanan yang relevan. Kecuali jika Anda secara sukarela atau resmi menyetujui, maka kami akan membagikan dan mengungkapkan informasi sensitif pribadi Anda secara terbuka.
      2. Berbagi dan pengungkapan dalam kondisi hukum.
        Dalam kebutuhan penyelesaian perselisihan, litigasi, atau sebagaimana disyaratkan oleh otoritas administratif dan peradilan sesuai dengan hukum, kami dapat membagikan informasi pribadi Anda secara eksternal sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku. Misalnya, jika kami memutuskan bahwa Anda telah melanggar undang-undang dan peraturan atau secara serius melanggar aturan perjanjian yang relevan dari platform kami, atau untuk melindungi properti pribadi situs web platform kami dan pengguna afiliasinya atau publik dari pelanggaran, Dan jika kami sudah mengambil langkah-langkah sesuai dengan aturan platform, Maka kami akan menggunakan Aturan perjanjian yang relevan dari platform untuk mengungkapkan informasi pribadi tentang Anda.
      3. Membagikan informasi pribadi Anda dengan afiliasi kami, dan perusahaan terafiliasi:
        Untuk memudahkan kami memberikan layanan kepada Anda berdasarkan akun terafiliasi, dan merekomendasikan informasi yang mungkin menarik bagi Anda atau melindungi keselamatan pribadi perusahaan terafiliasi kami atau pengguna lain atau properti publik, maka informasi pribadi Anda akan dibagikan kepada afiliasi kami. Kami hanya akan membagikan informasi pribadi yang diperlukan (seperti memfasilitasi Anda untuk masuk ke dalam akun kami dan menggunakan produk atau layanan perusahaan terafiliasi kami) untuk mematuhi tujuan dari kebijakan privasi ini. Kami akan meminta izin resmi Anda kembaliuntuk membagikan informasi sensitif pribadi Anda , jika perusahaan terafiliasi mengubah tujuan penggunaan dan pemrosesan informasi pribadi.
      4. Membagikan dengan mitra resmi.
        Kami akan memercayakan mitra resmi untuk memberi Anda layanan tertentu atau melakukan fungsi atas nama kami. Kami hanya akan membagikan informasi Anda untuk tujuan yang sah, layak, spesifik, jelas, dan dibutuhkan. Mitra yang berwenang hanya mendapatkan informasi tersebut untuk melakukan tugas mereka, dan tidak dapat digunakan untuk tujuan yang lain.
        Mitra resmi kami meliputi jenis berikut:
        1. Supplier, penyedia layanan dan mitra lainnya
          Kami mengirimkan informasi kepada supplier, penyedia layanan dan mitra lain (seperti produsen perangkat keras, operator telekomunikasi, dan lainnya) yang mendukung bisnis kami. Dukungan ini termasuk menyediakan layanan teknis infrastruktur, menganalisis penggunaan dan efektivitas layanan, menyediakan layanan pelanggan, memfasilitasi pembayaran, atau melakukan penelitian dan survei akademik. Untuk perusahaan, organisasi, dan individu tempat kami berbagi informasi pribadi, kami akan menandatangani perjanjian perlindungan data yang ketat dengan mereka, lalu meminta mereka untuk memroses informasi pribadi sesuai dengan instruksi kami dan melakukan segala tindakan kerahasiaan dan keamanan lain yang relevan sesuai kebijakan privasi ini. Jika kami membagikan informasi sensitif pribadi Anda atau memberi wewenang kepada mitra untuk mengubah tujuan penggunaan dan pemrosesan informasi pribadi, maka kami akan meminta otorisasi Anda kembali.
    2. Membantu dalam menangani perselisihan
      Jika Anda adalah pengadu kekayaan intelektual yang memenuhi syarat dan telah mengajukan keluhan, maka Anda harus mengungkapkannya kepada responden atas permintaan responden tersebut sehingga kedua belah pihak dapat menangani segala kemungkinan sengketa hak. Hanya dengan membagikan informasi pribadi Anda, kami baru dapat memberikan layanan yang Anda butuhkan, dan menangani perselisihan antara Anda dan orang lain. Kami akan memberikan informasi yang diperlukan kepada lembaga-lembaga yang disebutkan di atas, seperti informasi kontak dari pengguna yang dikeluhkan, sebagaimana diperlukan untuk memfasilitasi dalam penyelesaian perselisihan transaksi. Platform kami hanya bertanggung jawab pada hukum yang sesuai jika hukum secara jelas menetapkannya.
    3. Transfer
      Kami tidak akan mentransfer informasi pribadi Anda ke perusahaan, organisasi, atau individu apapun, kecuali berikut:
      1. Transfer dengan persetujuan resmi: Setelah mendapatkan persetujuan resmi Anda, kami akan mentransfer informasi pribadi Anda ke pihak lain;
      2. Bila terjadi merger, akuisisi, atau likuidasi kebangkrutan dari penyedia layanan platform kami, atau situasi lain yang melibatkan merger, akuisisi, atau likuidasi kebangkrutan, dan jika hal tersebut melibatkan transfer informasi pribadi, maka kami akan meminta perusahaan atau organisasi baru yang menyimpan informasi pribadi Anda untuk melanjutkan dalam mematuhi kebijakan ini. Jika tidak, maka kami akan meminta perusahaan, organisasi dan individu untuk meminta Anda otorisasi kembali.
    4. Pengecualian untuk otorisasi sebelumnya yang diperoleh saat berbagi, mentransfer, dan mengungkapkan informasi pribadi. Dalam situasi berikut ini, tindakan berbagi, mentransfer, dan mengungkapkan informasi pribadi Anda secara publik tidak memerlukan persetujuan Anda:
      1. Terkait dengan keamanan nasional dan pertahanan nasional;
      2. Terkait dengan keselamatan, kesehatan, dan kepentingan utama masyarakat;
      3. Terkait dengan investigasi kriminal, penuntutan, persidangan, dan eksekusi putusan, dan lainnya.
      4. Untuk melindungi Anda dan orang lainnya, properti, dan hak serta kepentingan hukum penting lainnya, tetapi sulit untuk mendapatkan persetujuan Anda;
      5. Informasi pribadi yang Anda ungkapkan kepada publik;
      6. Kumpulan informasi pribadi dari informasi yang diungkapkan secara publik, seperti laporan berita hukum, pengungkapan informasi pemerintah dan saluran lainnya.

      Menurut undang-undang, jika informasi pribadi yang telah teridentifikasi untuk dibagikan, ditransfer, yang membuat penerima data tidak dapat memulihkan dan mengidentifikasi kembali informasi pribadi tersebut, maka hal tersebut bukan pembagian eksternal, transfer, dan pengungkapan informasi pribadi kepada publik. Kami tidak perlu memberitahu secara terpisah dan mendapatkan persetujuan Anda dalam penyimpanan dan pemrosesan data.
      Jika Anda tidak setuju untuk memberikan informasi pribadi Anda kepada pihak ketiga sesuai dengan klausa di atas, maka segera berhenti menggunakan layanan platform kami. Jika Anda menggunakan salah satu layanan yang disediakan oleh platform kami tanpa menyatakan tidak setuju, maka Anda dianggap telah setuju untuk memberikan informasi pribadi kepada pihak ketiga sesuai dengan klausul di atas.

  4. Cara kami menggunakan cookies dan teknologi serupa
    1. Cookie
      Agar mempermudah kunjungan Anda ke dalam situs web platform atau dalam penggunaan layanan yang disediakan oleh platform kami, dan memudahkan dalam pengulangan langkah pendaftaran informasi serta untuk memastikan keamanan akun Anda, kami dapat mengenali identitas Anda melalui file data kecil. File data ini dapat berupa cookie, cookie flash, atau penyimpanan lokal lain yang disediakan oleh browser Anda atau aplikasi terkait (secara kolektif disebut sebagai “cookie”).
      Harap dipahami bahwa beberapa layanan kami hanya dapat berjalan melalui penggunaan “cookie”. Jika browser atau layanan tambahan browser anda memberikan izin, maka Anda dapat memodifikasi tingkat penerimaan atau penolakan cookie kami. Namun dalam keadaan tertentu tindakan ini dapat memengaruhi akses keamanan Anda ke situs web platform kami dan dalam penggunaan layanan terkait yang disediakan oleh platform kami.
      Halaman web sering berisi beberapa gambar elektronik (disebut “file GIF piksel tunggal” atau “web beacon”). Penggunaan web beacon dapat membantu situs web menghitung pengguna yang menelusuri web, mengumpulkan informasi aktivitas, atau mengakses cookie tertentu. Seperti kunjungan alamat yang sedang dan pernah Anda kunjungi, durasi Anda dalam mengakses halaman tersebut, lingkungan penjelajahan Anda, pengaturan tampilan, dan lainnya.
    2. Website beacon dan tag piksel
      Selain cookie, kami juga menggunakan teknologi serupa lainnya seperti website beacon dan tag piksel di situs web kami. Misalnya, email yang kami kirimkan kepada Anda mungkin berisi tautan alamat ke konten situs web kami, di mana saat Anda mengeklik tautan tersebut, maka kami akan melacak kunjungan tersebut untuk membantu dalam memahami preferensi produk atau layanan Anda sehingga kami dapat secara aktif meningkatkan layanan pelanggan.
      Website beacon biasanya berupa gambar transparan yang disematkan di situs web atau email. Dengan bantuan tag pixel dalam email, kita dapat mengetahui apakah email dibuka. Jika Anda tidak ingin aktivitas Anda dilacak dengan cara ini, Anda dapat berhenti berlangganan dari milis kami kapan saja.
  5. Cara kami menyimpan informasi Anda
    Informasi dan materi yang kami kumpulkan tentang Anda akan disimpan di server yang dikendalikan, digunakan, dan disewa oleh kami dan / atau perusahaan afiliasi kami. Kami akan menjaga kerahasiaan dan kontrol informasi Anda secara ketat. Informasi dan materi ini dapat ditransmisikan di negara Anda, wilayah atau tempat kami mengumpulkan, menyimpan, mengakses dan menampilkan informasi dan materi.
  6. Cara kami melindungi informasi pribadi Anda
    1. Perlindungan teknis:
      Untuk memastikan keamanan informasi Anda, kami berupaya untuk mengadopsi berbagai tindakan keamanan fisik, elektronik, dan manajemen yang wajar sesuai dengan standar industri.
      Hal ini dilakukan untuk melindungi sehingga informasi Anda tidak akan bocor, rusak, atau hilang, termasuk tetapi tidak terbatas pada SSL, penyimpanan informasi yang dienkripsi, dan kontrol akses pusat data.
      Kami akan menggunakan teknologi enkripsi untuk meningkatkan keamanan informasi pribadi, serta akan menggunakan mekanisme perlindungan terpercaya untuk mencegah informasi pribadi dari ancaman. Selain itu kami juga akan menggunakan mekanisme kontrol akses untuk mencoba memastikan bahwa hanya personil yang berwenang yang dapat mengakses informasi pribadi.
    2. Jaminan sistem keamanan:
      Kami memiliki sistem manajemen keamanan data yang tinggi di industri ini, di mana sistem kami terkumpul dalam data life cycle. Hal ini dapat meningkatkan keamanan seluruh sistem mulai dari konstruksi organisasi, desain sistem, manajemen personalia, teknologi produk, dan lainnya.
    3. Periode penyimpanan data:
      Kami akan mengambil tindakan yang wajar dan layak untuk menghindari pengumpulan informasi pribadi yang tidak relevan. Kami hanya akan menyimpan informasi pribadi Anda dalam periode yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang dinyatakan dalam kebijakan biaya perusahaan, kecuali jika Anda setuju dalam memperpanjang periode penyimpanan atau diizinkan oleh hukum.
    4. Manajemen keamanan personel:
      Kami juga telah mengadopsi manajemen karyawan atau personel outsourcing yang dapat melakukan kontak dengan informasi Anda secara ketat, termasuk tetapi tidak terbatas pada mengambil kontrol otoritas yang berbeda sesuai dengan posisi yang berbeda, menandatangani perjanjian kerahasiaan dengan mereka, serta memantau operasi dan tindakan lainnya.
      Kami akan memberikan langkah-langkah keamanan yang sesuai untuk melindungi informasi Anda sesuai dengan teknologi yang ada dan memberikan jaminan keamanan yang wajar. Kami akan melakukan yang terbaik untuk mencegah informasi Anda bocor, rusak, atau hilang. Kami akan menyelenggarakan kursus pelatihan perlindungan keamanan dan privasi untuk memperkuat kesadaran karyawan tentang pentingnya melindungi informasi pribadi.
    5. Tips untuk perlindungan informasi sensitif dan kata sandi:
      1. Perlindungan informasi sensitif pribadi:
        Informasi yang Anda bagikan secara sukarela atau bahkan dibagikan secara publik saat menggunakan layanan kami dapat melibatkan informasi pribadi atau bahkan informasi sensitif pribadi Anda atau orang lain. Misalnya saat mengunggah informasi pribadi sebagai avatar profil Anda atau ke dalam kolom komentar, harap memertimbangkan dengan lebih hati-hati saat membagikan informasi yang relevan saat menggunakan layanan kami.
      2. Silakan gunakan kata sandi yang kompleks untuk membantu kami menjaga keamanan akun Anda.
        Kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan keamanan informasi yang Anda kirim kepada kami.
        Jika fasilitas perlindungan fisik, teknis atau manajemen kami rusak yang mengakibatkan akses tidak sah ke informasi, pengungkapan publik, atau penggelapan dan perusakan informasi, serta kerusakan pada hak dan kepentingan Anda yang sah, maka kami akan bertanggung jawab sesuai hukum yang berlaku.
      3. Akun Anda memiliki fungsi perlindungan keamanan, harap simpan informasi akun dan kata sandi Anda dengan benar. Kami memastikan bahwa informasi Anda tidak akan hilang, disalahgunakan, atau diubah dengan mencadangkan di server lain, serta mengenkripsi kata sandi pengguna dan tindakan keamanan lainnya. Terlepas dari langkah-langkah keamanan yang disebutkan di atas, harap dipahami juga bahwa tidak ada “langkah pengamanan yang sempurna” pada jaringan informasi.
    6. Tips pengungkapan informasi dan penanganan kebocoran kata sandi:
      Harap dicatat bahwa Internet bukan lingkungan yang benar-benar aman. Saat menggunakan layanan tertentu pada platform kami, Anda tidak akan mengungkapkan informasi pribadi Anda, seperti informasi rekening bank, informasi kontak atau alamat rumah, kepada rekanan, calon rekanan dan pihak yang mengatasnamakan kami. Harap melindungi informasi pribadi Anda dengan benar dan berikan kepada orang lain hanya jika diperlukan. Jika Anda menemukan bahwa informasi pribadi Anda bocor, terutama jika akun dan kata sandi Anda bocor, segera hubungi layanan pelanggan kami sehingga kami dapat mengambil tindakan lebih lanjut yang sesuai.
    7. Penanganan insiden keamanan informasi:
      Saat terjadi insiden keamanan informasi pribadi yang tidak menguntungkan, kami akan memberi tahu Anda:
      Situasi dasar dan kemungkinan dampak insiden keamanan sesuai dengan persyaratan hukum dan peraturan, dan langkah-langkah yang telah kami ambil atau akan ambil, serta memberikan rekomendasi solusi untuk Anda lakukan sendiri yaitu pencegahan dan pengurangan risiko, serta hal lainnya. Jika hal tersebut terjadi, maka kami akan memberi tahu Anda melalui email, surat, telepon, pemberitahuan push, dan lainnya. Dan jika sulit untuk memberi tahu pengguna mengenai informasi tersebut satu per satu, maka kami akan mengadopsi cara yang masuk akal dan efektif untuk membuat pengumuman. Pada saat yang sama, kami juga akan melaporkan penanganan insiden keamanan informasi pribadi sesuai dengan persyaratan dari pihak berwenang.
    8. Untuk memberi Anda perlindungan keamanan:
      Untuk meningkatkan keamanan penggunaan Anda terhadap kami, afiliasi dan mitra kami untuk menyediakan layanan, melindungi keselamatan Anda atau pengguna lain atau properti pribadi publik dari pelanggaran, dan mencegah situs web phishing dan penipuan, kerentanan jaringan, virus komputer, serangan jaringan, intrusi jaringan dan risiko keamanan lainnya, untuk mengidentifikasi pelanggaran hukum dan peraturan secara lebih akurat atau aturan perjanjian terkait platform kami, maka kami dapat menggunakan atau mengintegrasikan informasi keanggotaan, transaksi, peralatan, dan informasi terkait Log web dan informasi yang diperoleh afiliasi dan mitra kami dari Anda, hal tersebut dilakukan untuk otorisasi atau berbagi sesuai dengan hukum untuk mempertimbangkan secara komprehensif risiko akun dan transaksi Anda, melakukan verifikasi identitas, deteksi dan pencegahan insiden keamanan, serta mengambil catatan, audit, analisis, dan penghapusan yang diperlukan sesuai dengan hukum dan tindakan yang berlaku.
  7. Perlindungan anak di bawah umur
    1. Kami sangat mementingkan perlindungan informasi pribadi dan keselamatan hidup anak di bawah umur.
    2. Menurut UU No 22 Tahun 2009 Pasal 77 Ayat 1 dari “Peraturan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Republik Indonesia”, mengendarai sepeda, sepeda roda tiga, sepeda motor, dan kursi roda bermotor untuk penyandang cacat di jalan harus mematuhi peraturan berikut:
      1. Pengemudi sepeda listrik dan kursi roda cacat harus berusia minimal 17 tahun. Produk perusahaan dilarang untuk digunakan oleh orang di bawah usia 17 tahun. Jika situasi ini menyebabkan personil dan kerugian ekonomi, maka hal ini menjadi tanggung jawab sendiri.
  8. Cara Anda mengelola informasi pribadi
    Kami menyediakan metode yang mudah untuk memungkinkan Anda mengakses, memperbaiki, dan menghapus informasi akun Anda atau informasi pribadi lain yang Anda berikan saat menggunakan layanan kami sesuai dengan persyaratan “Hukum Keamanan Jaringan Republik Indonesia”. Anda dapat mengakses dan mengelola informasi pribadi Anda dengan cara-cara berikut:
    1. Akses ke informasi pribadi Anda
      Di luar dari hal yang dikecualikan oleh undang-undang dan peraturan, Anda memiliki hak untuk mengakses informasi pribadi Anda, dengan cara berikut:
      Informasi Akun: Jika ingin mengakses atau memodifikasi informasi pribadi di akun Anda, maka Anda dapat melakukan hal tersebut melalui “Manajemen Akun” dengan masuk ke akun Anda. Misalnya, Anda dapat login ke SWAP APP dan masuk ke “Akun Saya” untuk mengakses dan memodifikasi informasi data pribadi dan registrasi Anda.
    2. Perbaikan atau tambahan informasi pribadi Anda
      Ketika Anda menemukan bahwa informasi pribadi yang kami proses tentang Anda salah, maka Anda berhak meminta kami untuk melakukan koreksi atau penambahan. Anda dapat membuat koreksi atau tambahan dengan metode yang tercantum dalam “(1) Akses ke informasi pribadi Anda”.
    3. Menghapus informasi pribadi Anda
      Anda dapat menghapus beberapa informasi pribadi dengan cara yang tercantum dalam “(1) Akses ke informasi pribadi Anda”. Dalam situasi berikut, Anda dapat mengirim permintaan kepada kami untuk menghapus informasi pribadi:
      1. Jika penanganan informasi pribadi kami melanggar hukum dan peraturan;
      2. Jika kami mengumpulkan dan menggunakan informasi pribadi Anda tanpa persetujuan dari Anda;
      3. Jika penanganan kami terhadap informasi pribadi secara serius melanggar perjanjian dengan Anda;
      4. Jika Anda tidak lagi menggunakan produk atau layanan kami, atau Anda secara aktif membatalkan akun Anda;
      5. Jika kami sudah tidak lagi menyediakan Anda dengan produk atau layanan selamanya.

      Jika kami memutuskan untuk menanggapi permintaan penghapusan akun Anda, maka kami juga akan memberitahu subjek yang memperoleh informasi pribadi Anda dari kami sebanyak mungkin, dan meminta agar informasi tersebut dihapus tepat waktu, kecuali ditentukan lain oleh undang-undang dan peraturan, atau subjek ini mendapatkan otorisasi independen Anda.
      Ketika Anda menghapus informasi dari layanan kami, kami mungkin tidak segera menghapus informasi yang sesuai dari sistem backup, tetapi akan menghapus informasi ketika sistem backup diperbarui.

    4. Perubahan ruang lingkup izin resmi Anda
      1. Setiap fungsi bisnis memerlukan beberapa informasi pribadi dasar untuk dilengkapi. Selain itu, untuk pengumpulan dan penggunaan informasi pribadi tambahan, Anda dapat mengatur dalam “Manajemen Akun Saya” atau menghubungi layanan pelanggan dalam platform kami untuk memberikan atau menarik persetujuan resmi Anda.
      2. Saat Anda menarik persetujuan, kami tidak akan lagi memroses informasi pribadi Anda. Namun, keputusan Anda untuk menarik persetujuan tidak akan memengaruhi pemrosesan informasi pribadi yang sebelumnya dilakukan berdasarkan otorisasi Anda.
    5. Perihal informasi pribadi pembatalan akun
      Jika Anda menginginkan untuk tidak lagi menggunakan layanan, maka Anda dapat menghubungi layanan pelanggan platform kami. Setelah memverifikasi identitas pengguna, layanan pelanggan akan melepaskan data ponsel dan kotak surat pengguna untuk mengesahkan pembatalan.
      [membersihkan data sebelum menghapus akun]
      1. Setelah Anda secara sadar menghapus akun Anda, kami akan berhenti memberikan Anda informasi produk atau layanan, dan menghapus informasi pribadi Anda atau menjadikannya anonim sesuai dengan persyaratan hukum yang berlaku.
      2. Peringatan untuk Anda yang harus diperhatikan: sebelum penghapusan akun, jika ada ditemui beberapa keadaan yang menyebabkan pembatalan mungkin tidak segera diselesaikan, maka Anda harus menangani hal-hal berikut tepat waktu, seperti:
        1. Sebagai pengguna motor listrik, motor listrik tersebut belum dikembalikan kepada pemiliknya secara utuh;
        2. Nomor plat/rangka belum dilepaskan dari akun pengguna;
        3. Layanan pembayaran paket kontinu belum dimatikan;
        4. hutang tidak diselesaikan (termasuk jarak tempuh aktual melebihi total jarak tempuh yang termasuk dalam paket);
        5. Masa berlaku paket belum berakhir;
    6. Keputusan otomatis dari terkendalanya sistem informasi
      Dalam beberapa fungsi bisnis, kami hanya dapat membuat keputusan berdasarkan mekanisme pengambilan keputusan otomatis non-manual termasuk sistem informasi, algoritma, dan lainnya. Jika keputusan ini secara signifikan memengaruhi hak dan kepentingan hukum Anda, maka Anda memiliki hak untuk meminta kami membuat penjelasan, dan kami juga akan memberikan metode pengaduan tanpa melanggar rahasia dagang platform kami, hak pengguna lain, kepentingan pengguna maupun kepentingan sosial dan publik.
    7. Menanggapi permintaan Anda
      1. Untuk memastikan keamanan, Anda harus memberikan permintaan tertulis atau membuktikan identitas Anda. Kami akan meminta Anda untuk memverifikasi identitas sebelum memproses permintaan. Kami akan merespons dalam 15 hari. Jika Anda tidak puas, Anda juga dapat mengajukan keluhan melalui layanan pelanggan dalam platform kami. Untuk permintaan Anda yang wajar, kami tidak akan membebankan biaya pada prinsipnya, tetapi untuk permintaan berulang yang melebihi batas wajar, kami akan membebankan biaya tertentu yang sesuai. Kami dapat menolak permintaan yang berulang secara tidak masuk akal yang membutuhkan cara teknis yang berlebihan (misalnya, perlu mengembangkan sistem baru atau secara fundamental mengubah praktik yang ada), dan menimbulkan risiko terhadap hak dan kepentingan orang lain yang sah, atau sangat tidak realistis.
      2. Dalam situasi berikut, sebagaimana diharuskan oleh hukum dan peraturan, kami tidak akan dapat menanggapi permintaan Anda:
        1. Terkait dengan keamanan nasional dan keamanan pertahanan nasional;
        2. Terkait dengan keselamatan publik, kesehatan dan kepentingan publik;
        3. Terkait dengan investigasi kriminal, penuntutan, persidangan dan eksekusi putusan, dan hal lainnya.
        4. Ada bukti yang cukup bahwa subjek informasi pribadi secara subyektif berbahaya atau menyalahgunakan haknya;
        5. Permintaan yang akan mengakibatkan kerusakan serius pada hak-hak hukum Anda atau individu dan organisasi lainnya;
        6. Rahasia dagang terlibat.
  9. Cara informasi pribadi Anda ditransfer secara global
    Informasi pribadi yang kami kumpulkan dan hasilkan selama operasi kami di Republik Indonesia disimpan di Indonesia, kecuali untuk situasi berikut:
    1. Hukum dan peraturan memiliki ketentuan yang jelas;
    2. Mendapatkan otorisasi Anda;
      Menanggapi situasi di atas, kami akan memastikan bahwa informasi pribadi Anda dilindungi secara memadai sesuai dengan kebijakan privasi ini.
  10. Revisi dan pembaruan kebijakan privasi ini
    Platform kami memiliki hak untuk mengubah kebijakan privasi dan memberi tahu Anda melalui pengumuman platform kami atau cara lain yang sesuai sebelum amandemen berlaku. Dalam kasus ini, jika Anda terus menggunakan layanan kami, maka Anda setuju untuk terikat oleh kebijakan privasi yang direvisi dari platform kami. Tanpa persetujuan Anda, kami tidak akan membatasi hak Anda berdasarkan kebijakan privasi ini. Kami akan menginformasikan segala perubahan dan pembaruan pada kebijakan privasi pada tautan khusus SWAP APP. Untuk perubahan besar, kami juga akan memberikan pemberitahuan yang sesuai (termasuk kami akan memberi tahu Anda melalui platform kami dan bahkan memberi Anda pop-up prompt).
    Perubahan besar yang dirujuk dalam kebijakan ini mencakup tetapi tidak terbatas pada:
    1. Model layanan kami telah mengalami perubahan besar. Seperti tujuan memroses informasi pribadi, jenis informasi pribadi yang diproses, dan penggunaan informasi pribadi, dan hal lainnya.
    2. Kami telah mengalami perubahan besar dalam kontrol dalam aspek lainnya. Perubahan pemilik yang disebabkan oleh merger dan akuisisi, dan lainnya;
    3. Objek utama dari berbagi informasi pribadi, transfer atau pengungkapan publik telah berubah;
    4. Hak Anda untuk berpartisipasi dalam pemrosesan informasi pribadi dan cara Anda menggunakannya telah berubah secara signifikan;
    5. Ketika departemen kami yang bertanggung jawab menangani keamanan informasi pribadi, informasi kontak dan saluran pengaduan berubah;
    6. Ketika dalam laporan penilaian memiliki dampak keamanan informasi pribadi yang menunjukkan adanya risiko tinggi.
    7. Kami mengarsipkan versi lama perjanjian pengguna platform dan kebijakan privasi kami di “SWAP” APP untuk referensi Anda.